Monday, July 23, 2012

Tugas Kuliah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’



Standar Kompetensi
SENI RUPA
 9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni.

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Melalui pengamatan model yang diperlihatkan guru, siswa menyampaikan apresiasinya terhadap keartistikan sebuah karya seni rupa murni.
  • Menjelaskan kesesuaian bentuk dan keserasian dalam seni rupa yang diamati.
  • Melalui contoh dan bimbingan guru, siswa membuat karya seni rupa berupa gambar dengan motif batik tulis yang dikerjakan dalam buku gambar.
  • Menyampaikan tanggapan / apresiasi terhadap karya seni rupa hasil sendiri maupun orang lain.
v   Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • Sikap apresiatif

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menggambar
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
☺  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
☺  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F     Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada
F     Mengarahkan siswa untuk membuat gambar motif batik tulis
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Memeriksa, dan mengumpulkan hasil karya siswa
F     Tugas membawa alat mewarnai, dan benda tiga dimensi



V.   Sumber/Alat/Bahan
·        Buku paket SBK
·        Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·        Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·        Gambar dan foto karya seni rupa
·        Buku gambar dan pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
☺  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni
·        Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni
·        Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·        Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
Praktek
Praktek
buatkan gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                       NIP :



No comments:

Post a Comment